Motivasi Roman Abramovich Membeli Chelsea

by -6 views

BOL368 – Roman Abramovich membeli salah satu klub London, ​Chelsea pada tahun 2003 lalu ketika klub tersebut sedang mengalami krisis keuangan. Di bawah kepemimpinannya, pria berkebangsaan Rusia tersebut membawa The Blues meraih sejumlah kesuksesan dalam 17 tahun terakhir.

Namun ternyata Roman Abramovich bukanlah seseorang yang menyukai olahraga sepakbola. Alasan dia untuk membeli Chelsea saat itu adalah kekagumannya terhadap pertandingan antara Manchester United dan Real Madrid pada tahun 2003 lalu.Sebab saat itu kedua tim memang menjalani pertandingan babak perempat final Liga Champion dengan ketat.

Laga tersebut memang seringkali disebut menjadi salah satu pertandingan paling dramatis abad ke-21 ini.Saat itu Manchester United memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan untuk mengalahkan Real Madrid. Tetapi kekuatan The Red Devils masih belum cukup untuk menahan pemain seperti Zinedine Zidane, Luis Figo, Ruud Van Nistelrooy dan David Beckham.

Abramovich melihat pertandingan yang digelar di Old Trafford tersebut kagum dengan perjuangan kedua tim dalam meraih kemenangan. Tidak lama setelah pertandingan tersebut, pria berkebangsaan Rusia ini membeli klub Chelsea.Di tahun pertamanya, Roman Abramovich bahkan berani menggelontorkan dana besar yaitu sekitar 120 juta pounds untuk mendatangkan pemain.

Hal tersebut untuk membangun The Blues dengan membawa sejumlah pemain yang dinilai cukup bagus saat itu. Kalaitu keadaan Chelsea benar-benar langsung bangkit dengan menjadi semifinalis Liga Champions Eropa musim 2003-2004. Selain itu The Blues juga mampu merangsek ke posisi dua pada klasemen akhir Liga Primer Inggris.

Kemudian di musim selanjutnya dia berhasil menjuarai Liga Primer Inggris setelah mengeluarkan dana hampir 100 juta pounds. Kesuksesan Chelsea saat berada dibawah kepemimpinannya terus berlanjut hingga sekarang. Dana besar juga cukup merubah industri sepakbola yang ada saat ini sudah tidak bisa lagi dilepaskan dari sepakbola modern.