Barcelona Mengumumkan Transfer Ilkay Gundogan dari Manchester City

oleh
oleh
Ilkay Gundogan
Ilkay Gundogan bergabung dengan Barcelona setelah kontrak dengan Man City berakhir

Berita Bola Setiap Hari – Barcelona telah mengumumkan kedatangan Ilkay Gundogan dari Manchester City sebagai tambahan kekuatan mereka di La Liga. Pemain asal Jerman ini tidak melanjutkan kontraknya di Etihad, sehingga Barcelona berhasil mendapatkannya secara gratis. Gundogan menjadi incaran beberapa klub di Eropa, namun pada akhirnya ia memilih untuk bergabung dengan Barcelona.

Pada Senin (26/05/2023), Barcelona mengonfirmasi kepindahan Gundogan ke Camp Nou melalui pernyataan resmi mereka. Dalam rilis tersebut, Barcelona menjelaskan bahwa mereka telah menandatangani Gundogan hingga tahun 2025 dengan opsi perpanjangan satu tahun. Mereka juga menetapkan klausul pembelian sebesar 400 juta euro, menunjukkan keseriusan klub dalam mempertahankan pemain tersebut.

Ilkay Gundogan, yang merupakan gelandang pemenang Liga Champions, diakui oleh Barcelona sebagai tambahan berharga bagi tim mereka. Klub Catalan itu mengumumkan bahwa kesepakatan dengan pemain internasional Jerman tersebut tercapai setelah kontraknya dengan Manchester City berakhir. Gundogan diharapkan akan memperkuat lini tengah Barcelona selama dua musim ke depan.

Penjelasan Manchester City

Sementara itu, Manchester City juga merilis pernyataan resmi mengenai kepergian Gundogan. Mereka menyatakan kebanggaan atas kontribusi pemain tersebut selama tujuh tahun di Etihad. Gundogan memiliki peran kunci dalam kesuksesan klub selama periode tersebut, dengan mencatatkan 304 penampilan dan 60 gol di semua kompetisi.

Kedatangan Ilkay Gundogan ke Barcelona juga memperkuat pernyataan sebelumnya oleh Presiden Barcelona, Joan Laporta. Ia mengungkapkan bahwa Barcelona masih menjadi magnet bagi pemain-pemain kelas dunia. Laporta menyatakan kegembiraannya terhadap keberhasilan dalam jendela transfer, menekankan bahwa pemain-pemain top tetap memprioritaskan bergabung dengan Barcelona.

“Kami telah lama bekerja untuk memperkuat tim. Respon dari jendela transfer sangat baik. Hanya itu yang dapat saya katakan saat ini,” ucap Laporta sebagaimana dilansir oleh Barca Blaugranes.

Dengan kedatangan Gundogan, Barcelona semakin menegaskan ambisinya untuk kembali berjaya di kompetisi domestik dan Eropa. Pemain kelas dunia seperti Gundogan memberikan kekuatan tambahan bagi tim tersebut, dan harapannya adalah dapat membantu Barcelona meraih gelar yang diinginkan. Para penggemar Barcelona pun menantikan presentasi resmi Gundogan di Camp Nou, yang akan segera diumumkan oleh klub.