Jamie Carragher Menyampaikan Kritik Terhadap Kebijakan Transfer Klub Arab Saudi

oleh
oleh
Kritikan Jamie Carragher
Kritikan Jamie Carragher

Liga Premier Inggris – Jamie Carragher, mantan pemain sepak bola dan sekarang menjadi seorang pundit terkemuka, mengeluarkan kritik terhadap langkah transfer klub Arab Saudi yang sedang mengancam potensi pemain-pemain berbakat Liga Premier Inggris. Salah satu perhatian terbaru adalah potensi kepindahan Bernardo Silva, pemain bintang dari Manchester City, yang dikabarkan akan meninggalkan Liga Inggris untuk bergabung dengan Saudi Pro League.

Saudi Pro League telah menjadi perbincangan dalam beberapa waktu terakhir karena kesuksesannya dalam mengamankan beberapa bintang Eropa. Banyak pemain terkenal telah bergabung dengan klub-klub di Arab Saudi. Karim Benzema dan N’Golo Kante, misalnya, telah memutuskan untuk bermain untuk Al-Ittihad. Ruben Neves, pemain muda berusia 26 tahun, dikabarkan akan pindah dari Wolves ke Al-Hilal. Selain itu, trio Chelsea, yaitu Edouard Mendy, Hakim Ziyech, dan Kalidou Koulibaly, telah masing-masing bergabung dengan Al-Ahli, Al-Nassr, dan Al-Hilal.

Menanggapi hal ini, Jamie Carragher, yang saat ini bekerja sebagai pundit, memberikan pendapat pribadinya mengenai langkah klub-klub Arab Saudi yang merusak pemain-pemain di liga top Eropa. Ia menekankan bahwa tindakan semacam itu harus dihentikan, terutama ketika para pemain yang masih memiliki karier panjang di Eropa diberi tawaran menggiurkan untuk bermain di Timur Tengah.

Carragher berpendapat bahwa pemain seperti Neves seharusnya tidak pindah ke Arab Saudi, mengingat usianya yang masih muda dan karirnya yang cemerlang di Inggris, serta minat yang masih ada dari klub-klub besar Eropa. Ia juga tidak ingin Bernardo Silva melakukan hal yang sama seperti rekan setimnya di Timnas Portugal.

Melalui akun Twitter pribadinya, Carragher menulis pernyataan yang tajam mengenai saga transfer yang melibatkan Bernardo Silva. Ia menganggap Silva sedang berada di puncak karirnya dan menjadi salah satu pemain terbaik di Eropa selama lima tahun terakhir. Carragher khawatir bahwa pemain tersebut akan tergoda dengan tawaran fantastis dari klub-klub Liga Pro Saudi.

“Bernardo Silva sedang berada di puncak kariernya dan telah menjadi salah satu pemain terbaik di Eropa selama lima tahun terakhir! Saya tidak khawatir tentang Liga Saudi yang mengambil pemain berusia 30-an, sedikit khawatir dengan pemain di bawah elite (Neves), tetapi jika ini terjadi, itu akan menjadi pengubah permainan,” tulisnya.

Carragher berpendapat bahwa Arab Saudi telah merusak beberapa cabang olahraga dengan campur tangan mereka yang tidak seimbang. Ia tidak ingin hal yang sama terjadi pada sepak bola dan tidak ingin para pemain mengutamakan uang daripada semangat bermain sepak bola itu sendiri.

“Saudi telah mengambil alih golf, pertarungan tinju besar, dan sekarang mereka ingin mengambil alih sepak bola!!! Pencucian olahraga ini harus dihentikan!,” tambah Carragher dengan tegas.