,

Thiago Alcântara Pensiun Setelah Keluar dari Liverpool

oleh
oleh
Thiago Alcântara Pensiun Setelah Keluar dari Liverpool
Thiago Alcântara Pensiun Setelah Keluar dari Liverpool

BOL368 – Thiago Alcântara pensiun menggantung sepatunya dari dunia sepak bola setelah kepergiannya dari Liverpool.

Pesepakbola berusia 33 tahun ini telah menghabiskan empat musim terakhirnya bersama Liverpool sebelum akhirnya meninggalkan klub sebagai agen bebas ketika kontraknya berakhir pada 30 Juni. Pihak Thiago mengonfirmasi pengunduran dirinya kepada The Athletic, menandai akhir dari perjalanan yang panjang dan berprestasi dalam kariernya.

Thiago, yang merupakan putra dari mantan pemain internasional Brasil, Mazinho, dan saudara dari Rafinha yang pernah bermain untuk Barcelona dan Paris Saint-Germain, memulai karier profesionalnya di Barcelona. Dia menghabiskan tujuh tahun di Bayern Munich dan juga tercatat 46 kali membela tim nasional Spanyol, mempersembahkan penampilan yang mengesankan di berbagai kejuaraan internasional.

Sebagai seorang gelandang tengah, Thiago membuat 101 penampilan untuk tim utama Barcelona setelah lulus dari akademi La Masia yang terkenal. Selama masa baktinya di klub Catalan tersebut, dia berhasil memenangkan 10 trofi, termasuk menjadi anggota kunci dari tim yang memenangkan gelar liga pada musim 2010-11 dan 2012-13. Selain itu, dia juga turut membantu Barcelona meraih gelar Liga Champions pada tahun 2011, memperkokoh statusnya sebagai salah satu pemain kunci klub.

Kisah Gelandang Liverpool: Thiago Alcântara Pensiun Usai Meninggalkan Dunia Sepak Bola

Pada tahun 2013, Thiago bergabung dengan Bayern Munich, di musim panas yang sama di mana ia mencetak hat-trick di final Kejuaraan Eropa U-21, membantu Spanyol mengalahkan Italia dengan skor 4–2. Selama tujuh musimnya di Bayern, Thiago berhasil memenangkan gelar Bundesliga di setiap musimnya, serta membantu klub meraih gelar Liga Champions pada musim 2019-20, yang juga merupakan musim terakhirnya di klub Jerman tersebut.

Setelah masa suksesnya di Bayern, Thiago kemudian bergabung dengan Liverpool. Namun, cedera yang berulang membatasi waktu bermainnya di Liga Premier, sehingga dia hanya bisa memulai 51 pertandingan dalam empat musim. Penampilan tunggalnya di musim 2023-24 adalah sebagai pemain pengganti selama lima menit dalam kekalahan 3-1 di Arsenal pada bulan Februari.

Sepanjang karier klub dan internasionalnya, Thiago mencatatkan 534 penampilan senior, mencetak 50 gol, dan memenangkan total 27 trofi. Keputusannya untuk pensiun menandai akhir dari era pemain yang di hormati di lapangan hijau. Meninggalkan warisan yang akan di kenang oleh para penggemar dan rekan-rekan setimnya.